Jamban Sentuh Warga Kurang Mampu


Kendal - Pra TMMD Reg Ke 100 Kodim 0715/Kendal adalah program TMMD tingkat nasional di berbagai daerah seluruh Indonesia diantaranya di wilayah Kodim 0715/Kendal Korem 073/Makutarama.Kegiatannya meliputi fisik dan non fisik adapun kegistan fisik diantaranya Jamban  yang harus di miliki oleh semua masyarakat,  salah satu sasaran fisik dari program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-100 Kodim 0715/Kendal adalah  Program jambanisasi  dari TMMD Reguler ke-100 di Desa Jungsemi Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal  sebanyak  10 unit dimana saat ini sedang dalam poses pengerjaan, yang dikerjakan langsung oleh anggota Satgas TMMD beserta masyarakat.
Menurut Ibu Suniah warga Dusun Srandu Rt  07 Rw 01. Beberapa kali mengajukan pembuatan jamban ke pihak Desa namun baru kali ini di berikan bantuan melalui program TMMD.
Pogram jambanisasi tersebut, lebih difokuskan pada keluarga yang  tidak mampu, dan warga yang  belum memiliki sama sekali tempat pembuangan tinja. support tenaga, sangat mendukung pada pelaksanaan program jambanisasi ini, tanpa peran masyarakat, mungkin sulit bisa selesai tepat waktu, karena waktu pengerjaannya dibatasi waktu 30 hari.  Adapun penyebab dari banyaknya warga Desa Jungsemi   yang belum memiliki jamban disebabkan karena  kemampuan ekonomi masyarakat yang masih rendah. Semoga  dengan adanya program jambanisasi dari TMMD  diharapkan yang belum memiliki jamban akan berkurang.

Jambanisasi lebih mengarah pada pola hidup sehat dan lingkungan yang bersih, dan program ini  diperuntukkan  kepada warga yang kurang mampu, serta untuk menciptakan lingkungan yang  Bebas dari Buang Air Besar Sembarangan yang akan menimbulkan penyakit serta mengganggu keramahan lingkungan.

Comments